f t g m
Copyright © 2018 Home - bengkelmaspur baturaja
indonesia

Seperti apa Pengecatan ulang body repair mobil

Pada saat anda harus melakukan perawatan mobil di bengkel, pastikan anda mengajukan pertanyaan yang tepat untuk mengetahui bagaimana proses body repair mobil  anda akan di lakukan. Dibawah ini adalah beberapa masalah yang sering timbul pada beberapa bagian mobil anda yang harus anda perhatikan :

 

PENGGANTIAN PANEL BARU. Dalam berbagai kasus penggantian panel sepertikap mesin, fender atau bagian lain, cara yang sering dilakukan bengkel untuk menyiasati dengan menggunakan primer atau sealerPanel yang masih baru biasanya dilapisi oleh lapisan berwarna hitam yang disebut E-coat.

Untuk alasan yang belum saya ketahui secara pasti biasanya bengkel tidak menggunakan primer dan langsung mengaplikasikan cat ke diatas lapisan E-coat tersebut. Penggunaan primer akan membutuhkan waktu kurang lebih 20 menit proses, akan tetapi hal ini mutlak harus dilakukan. Melewatkan proses pengaplikasian primer ini dapat mengakibatkan hasil pengecatan belang belang hitam seperti ada serpihan batu di dalam lapisan cat yang kelihatan berwarna hitam. Karena bengkel tidak merasa perlu menggunakan primer.

Pada panel afkir ( cacat produksi ) biasanya panel tersebut cuma menggunakan primer kualitas rendahan yang hanya membutuhkan thinner untuk membersihkan primer tersebut. Biasanya bengkel langsung melakukan proses pengecatan. Hasilnya akan sama saja, akan terjadi masalah yang serupa apabila tidakmenggunakan primer.

PENGECATAN BEMPER BARU/PLASTIK. Ini adalah cara yang paling sukses untuk gagal dalam bisnis perbengkelan. Banyak bengkel tidak mau repot menambahkan prosedur pengecatan yang benar yang diperlukan untuk persiapan yang baik dalam pengecatan bemper.

Primer Plastik: Banyak bengkel yang keliru cara mengecat bemper ini. Bemper yang masih baru kondisinya masih bagus, hanya perlu diamplas kemudian bisa langsung di cat…Hal ini Salah!.Bemper baru haruslah di tes dulu dengan cara  mengelap menggunakan thinner, apabila ada lapisan yang dapat dilap maka bemper haruslah dilap seluruhnya menggunakan thinner sampai bersih. Hal ini bukanlah sesuatu pekerjaan yang menyenangkan tentunya, akan tetapi banyak jugabengkel cat yang tidak mau terlalu direpotkan dengan proses ini.

Apabila proses pembersihan telah selesai biasanya dilanjutkan dengan penggunaan degreaser( sejenis pembersih khusus untuk mengangkat residu dan minyak ) yang kemudian dilanjutkan mengggunakan PP primer plastik berkualitas khusus adhesi (pengikat) pada bidang berbahan plastik yang cukup diaplikasikan satu lapis saja -/+ 5 Micron saja, baru bisa diaplikasikan cat untuk menghindari hasil pengecatan yang retak & mengelupas dikarenakan bidang plastik rawan terhadap getaran.

PENUTUPAN AREA ISOLASI & BONGKAR PASANG. Berguna untuk mengisolir dan mempermudah akses pada bagian2 tertentu supaya pada proses pengecatan, pengamplasan, pembersihan agar residu debunya tidak mengotori dan melindungi bagian lain yang tidak terkena proses. Beberapa bengkel akan mengabaikan prosedur ini untuk penghematan. Apabila hal tersebut terjadi pada mobil anda maka berdoalah supaya anda mendapatkan hasil terbaik daribiaya yang telah anda keluarkan untuk pengecatan mobil.

PENGELEMAN. Kadang terlihat sepele, Asal menempel pada bidang. Beberapa bengkel akan melakukanya dengan terstruktur rapi. Akan tetapi ada juga yang kelihatan meleleh dan bergaris disekitar area pengeleman. Hal ini akan lebih terlihat apabila mulai terkena suhu yang panas.

Perbaikan akibat tabrakan adalah yang banyak dicari orang. Karena cepat, dan tidak perlu membetulkan struktur rangka (akibat reaksi) dan kerusakan yang tidak kelihatan. Pada saat proses pengelasan kerangka yang biasanya tidak di cat akan mudah dan cepat sekali keropos atau berkarat.

Satu hal yang pasti anda perhatikan.! Apabila anda membayar bengkel untukpenggantian panel baru, pastikan mereka melakukanya. Beberapa bengkel yang curang akan mengatakan mereka telah menggantinya, padahal mereka cuma memperbaikinya. Dengan mudahnya mereka mengakali dengan filler dan fiber, dimana ini sangatlah tidak baik untuk sebuah kualitas perbaikan.

SEMOGA DENGAN ADANYA ARTIKEL DIATAS, ANDA LEBIH BIJAK DALAM MEMILIH BENGKEL.

 

 

Search